Makanan Sehat untuk Penderita Asam Urat dan Rematik

makanan sehat untuk penderita asam uratPenyakit asam urat atau gout merupakan kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri yang tidak tertahankan, pembengkakan, dan rasa panas di persendian. Meski semua sendi di tubuh dapat terkena asam urat, namun yang paling sering terserang merupakan sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Rematik asam urat atau penyakit gout merupakan jenis radang sendi yang secara medis telah terbukti dapat diringankan dengan mengonsumsi dan membatasi makanan-makanan tertentu.

Pada dasarnya, pengidap rematik asam urat sebaiknya menjalani pola makan sehat yang kaya karbohidrat kompleks, protein dalam kadar sedang, dan rendah lemak. Pengaturan pola makan ini bukanlah sarana pengobatan, tapi dapat membantu mengurangi gejala.

Purin dan Rematik Asam Urat

Rematik asam urat menyebabkan pembengkakan dan rasa nyeri pada sendi, terutama pada jempol kaki. Peradangan sendi ini disebabkan oleh penumpukan kristal natrium urat, yaitu limbah alami tubuh.

Asam urat merupakan salah satu hasil pemecahan zat purin di dalam tubuh. Purin merupakan zat alami yang ada di dalam tubuh dan dapat ditemukan di berbagai jenis makanan. Makanan mengandung purin berkadar tinggi membuat tubuh menghasilkan lebih banyak asam urat. Oleh karena itu, pengidap asam urat perlu menghindari konsumsi makanan dengan kadar purin yang tinggi.

Panduan Konsumsi Makanan Sehat untuk Penderita Asam Urat

Rematik asam urat dapat ditangani dengan lebih banyak mengonsumsi makanan sehat untuk penderita asam urat tertentu yang dapat memperlancar sekresi purin dan membatasi konsumsi makanan serta minuman kaya purin.

Asam urat merupakan radang sendi yang dapat menyebabkan sendi (biasanya di jempol kaki) mendadak terasa nyeri, perih, kaku, dan bengkak. Penyakit ini disebabkan oleh penumpukan zat yang disebut asam urat dalam darah. Menurut ahli reumatologi (studi dan pengobatan kondisi gangguan sendi, otot, tulang, dan jaringan ikat), penyakit asam urat berhubungan dengan sejumlah masalah metabolisme, salah satu contohnya merupakan kolesterol. Kolesterol diduga dapat meningkatkan atau menjadi faktor risiko berkembangnya penyakit asam urat.

Penderita asam urat dan kolesterol, jangan makan ini

Salah satu cara menjaga kadar asam urat dan kolesterol dalam darah tetap stabil merupakan dengan menjalankan pola hidup sehat seperti menjaga pola makan dengan makan makanan sehat untuk penderita asam urat dan berolahraga secara teratur. Ada beberapa makanan yang dapat membuat asam urat dan juga kolesterol jadi tinggi. Apa sajakah itu?

1.Jeroan

Tak cuma penderita asam urat yang dilarang mengonsumsi jeroan, orang dengan kolesterol tinggi juga disarankan untuk menghindarinya. Rempela, babat, kikil, hati, ginjal, kelenjar timus, dan lain sebagainya memiliki kandungan purin yang tinggi dan berkontribusi meningkatkan kadar asam urat. Purin merupakan senyawa kimia tertentu dalam beberapa makanan yang akan berubah menjadi asam urat jika dipecah. Selain itu, hati juga tinggi kadar kolesterolnya. Kenapa? Kolesterol dibuat dan disimpan dalam hati, tingkat kolesterol tertinggi dalam daging hewan ditemukan pada organ hatinya. Maka dari itu mengetahui dan mengkonsumsi makanan sehat untuk penderita asam urat sangat penting.

2. Makanan laut (seafood)

Seafood alias makanan laut seperti ikan teri, sarden, makarel, tuna, dan kerang. Mengapa? Makanan tersebut mengandung purin yang tinggi. Sedangkan lobster bukanlah pilihan yang baik (terutama bagi penderita kolesterol tinggi) karena kandungan kolesterolnya yang tinggi. Dalam 85 gram lobster terkandung 61 mg kolesterol. Belum lagi jika lobster tersebut dimasak dengan cara digoreng atau jika Anda mengonsumsi lebih dari satu ekor, tentu tingkat kolesterolnya akan meningkat. Untuk itu mengetahui dan mengkonsumsi makanan sehat untuk penderita asam urat sangat penting. Yuk, batasi asupan makanan laut agar kadar asam urat dan kolesterol tetap terjaga.

3.Daging

Penderita asam urat dan kolesterol disarankan untuk membatasi asupan daging, Berbagai jenis daging, terutama daging merah, memiliki jumlah kandungan purin dan kolesterol yang tinggi. Jika ingin makan daging merah, dianjurkan untuk membuang lemak yang menempel pada daging. Atau dapat juga mengonsumsi daging putih seperti daging ayam atau kalkun. Namun, perhatikan pula cara pengolahan daging putih tersebut, disarankan untuk membuang kulitnya dan tidak diolah dengan cara digoreng. Nah, Sekarang anda dapat mengetahui dan mengkonsumsi makanan sehat untuk penderita asam urat itu sangat penting bukan.

4. Alkohol

Asam urat dan kolesterol tidak bersahabat dengan alkohol. Terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol, terutama bir, dianggap dapat meningkatkan produksi asam urat hingga menyebabkan serangan asam urat berulang-ulang. Selain itu, bir juga membuat tubuh kesulitan membuang asam urat keluar dari dalam tubuh. Terlebih lagi, minum minuman beralkohol secara berlebihan alias dalam jumlah besar dapat meningkatkan kadar kolesterol dan trigliserida (salah satu jenis lemak) dalam darah. Bagi Anda yang pemium alkohol berat cobalah kurangi secara bertahap agar tidak ketergantungan terhadap minuman yang memabukkan satu ini, dan sangat pentig bagi anda untuk mengetahui dan mengkonsumsi makanan sehat untuk penderita asam urat, maupun kolesterol. diabetes ataupun hipertensi.

Perlu Di Ingat !!!

Tubuh sehat dapat diraih dengan menjaga kadar asam urat dan kolesterol dalam kondisi normal. Selain menjaga asupan makanan, jangan lupa untuk berolahraga setidaknya 30 menit setiap harinya. Selain itu, penderita asam urat juga harus menghindari beberapa makanan yang tidak baik bagi asam urat. Apa saja jenis makanan tersebut? Ini di

  • Makanan kalengan, misalnya sarden, kornet dan lainnya
  • Daging jeroan, usus, hati, jantung dan lainnya
  • Seafood, seperti cumi, udang dan remis
  • Makanan yang dimasak dengan digoreng atau diberi santan
  • Daging kambing, daging sapi, daging kuda
  • Keju, telur, es krim, kuah daging yang kental
  • Buah seperti durian, nangka dan nanas

Batasi konsumsi:

  • Daging merah: daging sapi, daging kambing dan daging bebek.
  • Jeroan seperti hati, otak, ginjal, jantung.
  • Beberapa jenis ikan seperti sarden, tuna, makarel.
  • Boga bahari seperti kepiting dan udang.
  • Makanan-makanan manis dan minuman ringan yang tinggi kadar gula buah atau fruktosanya.
  • Makanan mengandung ragi seperti roti.
  • Minuman keras, terutama bir.
  • Beberapa sayuran seperti bayam, jamur, kembang kol, kacang polong, kacang panjang, kacang merah.

Makanan Sehat Untuk Penderita Asam Urat

Makanan Sehat untuk penderita asam urat – Asam urat merupakan sebuah penyakit yang timbul dari zat purin yang terdapat pada sisa makanan yang Kita konsumsi. Semua bahan makanan yang berasal dari makhluk hidup pasti memiliki zat purin masing-masing, sehingga jika Kita mengkonsumsi makanan tersebut secara otomatis zat purin tersebut akan masuk ke dalam tubuh Anda.

Oleh karena itu sangat penting bagi Anda yang menderita penyakit asam urat, untuk secara teliti memilih makanan sehat untuk penderita asam urat, agar penyakit asam urat tidak semakin parah. Contoh makanan sehat untuk penderita asam urat yang perlu Anda ketahui seperti berikut ini.

Makanan sehat untuk penderita asam urat – 1. Buah cerry

Buah ini merupakan makanan yang baik bagi penderita penyakit asam urat. Cerry mengandung zat anti inflamasi sehingga berperan mencegah pengkristalan asam urat yang dapat mengganggu kesehatan. Selain itu, buah ini juga akan menetralkan zat asam serta membantu mencegah peradangan dan rasa nyeri pada sendi. Untuk meringankan serta mencegah penyakit asam urat, makanlah buah ini setidaknya 200 gram setiap hari.

Makanan sehat untuk penderita asam urat – ke 2. Buah apel

Buah apel mengandung asam malat yang memiliki kemampuan menetralkan asam urat. Dengan begitu, ketika penderita asam urat mengonsumsi buah ini maka penyakitnya dapat terkontrol. Konsumsilan buah apel setidaknya 1 buah setiap hari agar penyakit asam urat yang Anda derita dapat lebih cepat diatasi.

Makanan sehat untuk penderita asam urat – ke 3. Jeruk nipis

Jeruk nipis buah ini memang memiliki rasa sangat asam. Namun kandungan asan sitrat yang ada dapat melarutkan asam urat sehingga gejala asam urat dapat diberantas. Minumlah air perasan jeruk nipis dua gelas setiap hari secara rutin. Selain mencegah dan mengobati asam urat, konsumsi air jeruk nipis juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Air jeruk nipis juga baik untuk Anda yang sedang diet untuk melangsingkan tubuh.

Makanan sehat untuk penderita asam urat – ke 4. Makanan yang mengandung potasium tinggi

Makanan yang mengandung potasium tinggi juga baik untuk penderita asam urat seperti yogurt, tomat, dan kentang.

Makanan sehat untuk penderita asam urat – ke 5. Buah yang mengandung banyak Vitamin C

Buah dengan kandungan vitamin C juga sangat dianjurkan untuk penderita asam urat contohnya seperti buah pepaya, stroberry, dan jeruk.

Makanan sehat untuk penderita asam urat – ke 6. Menkonsumsi Pisang

Pisang juga dapat masuk dalam daftar makanan untuk penderita asam urat yang baik dikonsumsi. Konsumsilah 4 hingga 8 buah pisang setiap hari untuk mengurangi pembengkakan dan peradangan nyeri sendi.

Makanan sehat untuk penderita asam urat – ke 7. Perbanyak konsumsi makanan berkarbohidrat

Penderita asam urat juga harus memebuhi kandungan karbohidrat dalam tubuhnya, conto sumber makanan yang kaya akan karbohidrat dapat di dapatkan dari nasi, roti, ubi, dan singkong.

Perbanyak konsumsi:

  • Buah-buahan, seperti jeruk, melon, apel.
  • Sayuran hijau, wortel, tomat.
  • Air mineral: konsumsi setidaknya 2 liter perhari untuk meluruhkan kadar asam urat.
  • Sumber karbohidrat yang lebih kompleks seperti kentang dan beras merah
  • Makanan mengandung biji-bijian utuh.
  • Susu dan yoghurt rendah lemak atau tanpa lemak mengandung kadar purin yang rendah dan protein yang tinggi.

Itulah beberapa makanan sehat untuk penderita asam urat dan juga yang harus di hindari. Pada orang gemuk yang menderita asam urat sebaiknya turunkan berat badan Anda, Sebab pada orang gemuk kadar asam urat cepat naik namun sedikit pengeluaran. Itulah menu makanan sehat untuk penderita asam urat. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin menurunkan kadar asam urat dalam tubuh

Selain memperbarui pilihan makanan, penting bagi pengidap rematik asam urat untuk menjaga berat tubuhnya dengan berolahraga secara teratur. Hal ini dikarenakan obesitas juga dapat menjadi faktor risiko utama penyakit rematik asam urat. Juga menggunakan obat herbal yang ampuh untuk asam urat yang sekarang ini sudah banyak tersedia.